Profil Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Mangkuyudan

Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy merupakan pondok pesantren yang berbasis Qur’an dan berdiri sejak tahun 1982, yang didirikan oleh beliau KH. Ahmad Musthofa. Pondok pesantren ini bertempat di Jl.Sidoasih Barat, Todipan, Laweyan, Surakarta.

Pondok pesatren ini khusus mengajarkan tata cara membaca Al-Qur’an kepada santri-santrinya, selain itu diajarkan pula adab dan sopan santun ketika memperlakukan Al-Qur’an. Dalam sistem mengaji di pondok pesantren ini yang mengajar hanya diampu oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy sekarang yaitu Bapak Muhammad Choiri, yang merupakan menantu KH. Ahmad Musthofa. Waktu mengaji untuk santri putra setelah sholat Isya’ dan untuk santri putri setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh.

Selain kegiatan mengaji, ada banyak kegiatan lainnya yaitu semaan Al-Qur’an setiap hari sabtu dan jum’at pagi yang dibacakan oleh putra-putra KH. Ahmad Musthofa dan dihadiri juga oleh masyarakat sekitar, semaan Al-Qur’an 30 juz setiap hari sabtu legi yang dimulai dengan pengajian Ar-Risalah di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Az-Zayadiyy pada malam jum’at kliwonnya kemudian dilanjutkan pada hari jum’at hingga sabtu pagi semaan 30 juz yang dibacakan secara bergilir oleh para hafidz Al-Qur’an dan diakhiri dengan khataman Al-Qur’an pada sabtu pagi. Kemudian ada juga acara tahunan seperti Haul KH. Dimyathi Tremas, beliau merupakan guru dari KH. Ahmad Musthofa, kemudian Khataman para santri yang menghafalkan Al-Qur’an dan Haul KH. Ahmad Musthofa serta Hj. Maryam Ahmad Musthofa, istri KH. Ahmad Musthofa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *